PRESIDEN RESMIKAN MUSEUM KERIS NUSANTARA SURAKARTA

Oleh Administrator


Kamis, 09 Agustus 2018


PRESIDEN RESMIKAN MUSEUM KERIS NUSANTARA SURAKARTA

SOLO – Rabu (9/8), Presiden Joko Widodo meresmikan Museum Keris Nusantara di Kota Surakarta. Peresmian museum yang dibangun bersumber pada dana APBN, APBD dan donatur tersebut sendiri disimbolisasikan dengan menggunting pita oleh Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo.

Dalam sambutannya, mantan Walikota Solo ini menekankan generasi milineal yang lebih senang memegang gadget daripada keris. Padahal ia menambahkan bahwa keris merupakan produk seni kebudayaan asli Indonesia.

“Anak muda sekarang jarang memegang keris ya. Padahal keris adalah warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai filosofis sangat tinggi,” jelas Presiden dalam sembutannya.

Ia menjelaskan bahwa pendirian Museum Keris yang sudah digagas sejak Jokowi menjabat Walikota Surakarta bertujuan untuk menjaga warisan budaya bangsa. Jokowi meminta agar generasi muda tidak meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa.

“Dengan kehadiran museum ini, saya berharap kita bisa bersama-sama melihat perjalanan sejarah keris, tombak atau pedang dan lain-lain yang merupakan bagian seni budaya kita Indonesia,” ujar dia

Selain itu, Presiden berencana akan menghibahkan koleksi keris miliknya untuk dirawat di Museum Keris. Tak hanya keris koleksinya, Presiden juga berjanji menyerahkan keris yang lama tersimpan di museum Kota Delft, Belanda. Seperti diketahui, pada akhir 2016 artefak-artefak asal Indonesia yang tersimpan di Belanda itu diserahkan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte kepada Presiden Jokowi. Beberapa di antaranya adalah keris.

“Saya sendiri juga punya koleksi. Yang saya berikan di Museum ini, salah satunya yang disampaikan Perdana Menteri Belanda akan saya bawa nanti waktu ke Solo. Termasuk keris-keris yang saya punya disimpan di sini saja, biar dirawat oleh museum,” ungkap Jokowi.

Museum Keris Nusantara ini nantinya akan menyimpan 400-an keris serta senjata tradisional lainnya dari penjuru Indonesia. Selama bulan agustus, Walikota akan menggratiskan tiket masuk museum sebagai hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia.




Lampiran

Unduh

Share : Facebook   Twitter