Profil Museum Keris

Oleh Administrator


Sabtu, 08 Desember 2018


Profil Museum Keris

Sejarah

Museum Keris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 9 Agustus 2017. Museum ini merupakan tindak lanjut dari diakuinya keris Indonesia oleh Organization of Education Science and Culture (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia. Museum Keris berlokasi di Jl. Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

 

Diskripsi Bangunan

Bangunan Museum Keris Nusantara mengadopsi gaya arsitektur Candi Sukuh dan dikemas dengan gaya Kontemporer. Museum ini memiliki empat lantai. Setiap lantainya akan membawa Anda mengenal lebih dalam tentang keris.

 

Lantai Wedharing Wacana

Terdapat gambar senjata tradisional dari berbagai penjuru dunia dan tipe pamor keris yang sangat beragam. Pengunjung dapat menyaksikan proses pembuatan keris di ruang audio visual.

 

Lantai Purwaning Wacana

Pada lantai ini Anda akan melihat perkembangan keris di era modern, dan mengenal perabot-perabot keris. Anda dapat membaca catatan sejarah melaui naskah maupun buku-buku di perpustakaan Museum Keris.

 

Lantai Cipta Adiluhung

 Anda dapat berinteraksi dengan proses pembuatan keris, cara membuka keris yang benar dan cara penggunaan keris dalam busana jawa.

 

Lantai Esthining Lampah

Di puncak dari Museum Keris Nusantara, Anda akan menikmati hasil karya leluhur yang menjadi saksi sejarah kemajuan teknologi serta kebudayaan bangsa Indonesia di masa lampau.


Share : Facebook   Twitter